Friday, September 25, 2020

Harga Emas Sentuh Level Terendah Selama 2 Bulan

PT KONTAK PERKASA FUTURES - Harga emas jatuh ke level terendah dalam lebih dari dua bulan pada hari Kamis karena dolar safe-haven melanjutkan kenaikannya di tengah kekhawatiran seputar pemulihan ekonomi. Sementara memudarnya harapan untuk lebih banyak stimulus fiskal juga membebani logam mulia.
Dikutip dari laman CNBC, Jumat (25/9/2020), harga emas di pasar spot turun 0,1 persen menjadi USD 1,862.41 per ounce. Sebelumnya pada hari itu, harga emas mencapai level terendah sejak 22 Juli di USD 1.847.57. Emas berjangka AS turun 0,3 persen menjadi USD 1.862.
"Salah satu faktor yang mendorong harga emas dan saham turun adalah asumsi luas di pasar keuangan bahwa Kongres AS tidak akan memberikan stimulus ekonomi lebih lanjut setidaknya untuk beberapa bulan ke depan," kata Jeffrey Christian, mitra pengelola CPM Group.
"Jadi, konfirmasi bahwa keadaan menjadi lebih buruk secara ekonomi, seperti yang Anda lihat pada angka pengangguran, telah mendorong emas turun," tambahnya.
Data menunjukkan jumlah orang Amerika yang mengajukan klaim baru untuk tunjangan pengangguran meningkat secara tak terduga minggu lalu.
Harga emas telah turun lebih dari 10 persen sejak mencapai rekor tertinggi pada bulan Agustus karena ekspektasi stimulus lebih lanjut berkurang dengan Kongres AS yang menemui jalan buntu.
Emas dipandang sebagai lindung nilai terhadap inflasi, penurunan nilai mata uang dan ketidakpastian ekonomi.
“Harga emas diposisikan sangat lama dengan sangat agresif. Karena volatilitas bergerak lebih tinggi, suku bunga riil naik seiring dengan dolar, dan orang-orang mengambil untung,” kata Bart Melek, kepala strategi komoditas di TD Securities.
Dolar naik ke level tertinggi dua bulan karena kekhawatiran mengenai pemulihan ekonomi global meningkat menyusul gelombang kedua infeksi virus corona di Eropa.

BACA JUGA : 

DAFTAR HARGA JUAL EMAS DI PEGADAIAN PER 25 SEPTEMBER 2020

Thursday, September 24, 2020

Pemerintah dan DPR Sepakat Sertifikasi Halal Tak Lagi Dimonopoli MUI

PT KONTAK PERKASA - Pemerintah dan DPR sepakat untuk mencantumkan sertifikasi Jaminan Produk Halal (JPH) ke dalam Rancangan Undang-Undang Omnibus Law Cipta Kerja.
Pelaksanaan sertifikasi produk halal ini diperluas dengan melibatkan unsur organisasi keagamaan untuk percepatan pelaksanaan sertifikasi JPH.
"Kita sepakati bahwa kewenangan yang selama ini di monopoli MUI dalam melakukan sertifikasi diserahkan ke ormas Islam," kata Ketua Badan Legislasi DPR RI, Supratman Andi Agtas dalam Webinar bertema Menimbang Urgensi Omnibus Law di Tengah Pandemi, Jakarta, Kamis (24/9/2020).
Sehingga organisasi islam seperti Nahdatul Ulama, Muhammadiyah hingga perguruan tinggi bisa memberikan sertifikasi halal sebagaimana yang saat ini dilakukan oleh Majelis Ulama Indonesia. Namun, pemberian label halal pada produk tetap dikeluarkan oleh lembaga sertifikasi yang dikelola Kementerian Agama.
"Sementara labelnya dikeluarkan oleh lembaga sertifikasi yang ada di Kementerian Agama," kata Supratman.
Sementara itu, MUI dalam hal ini berperan dalam memberikan fatwa halal. Hal ini dilakukan untuk menghindari berbagai perbedaan dari sudut pandang fiqih.
"Fatwa halalnya ini tetap ada di MUI untuk menghindari perbedaan fiqih," kata Supratman.
Merdeka.com

BACA JUGA : 

LUHUT INGIN BATU AMPAR JADI GREEN PORT AGAR INDONESIA TAK DILECEHKAN

Wednesday, September 23, 2020

Asal Usul Pembentukan Kementerian Maritim di Indonesia

KONTAK PERKASA FUTURES  - Ekonomi Indonesia bisa melaju kencang jika memanfaatkan sumber daya yang ada dengan baik. Salah satu sumber daya yang bisa dimanfaatkan adalah sumber daya dari sektor maritim. 
Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Rokhmin Dahuri bercerita, pemerintah membentuk kementerian maritim dengan tujuan untuk mengelola kekayaan laut yang dimiliki Indonesia. Kementerian ini dibangun dengan semangat penopang ekonomi nasional dan kesejahteraan masyarakat.
"Kementerian maritim ini dibuat untuk kemajuan SDM yang unggul dan ekonomi agar Indonesia menjadi poros maritim dunia," kata Rokhmin dalam Orasi Ilmiah di acara Peringatan Hari Maritim Nasional Ke-56 Tahun 2020, Jakarta, Rabu (23/9/2020).
Di usia ke-75 tahun ini, Rokhmin bersyukur perekonomian Indonesia sudah membaik. Indonesia juga masuk dalam daftar negara dengan pendapatan menengah atas di dunia.
Secara peringkat Indonesia menjadi negara paling buncit dengan pendapatan menengah atas yakni USD 4.050. Hanya selisih USD 4 dari batas kriteria negara dengan pendapatan menengah atas yaitu USD 4.046.
"Kita ini negara menengah atas yang paling bawah," kata dia.
Namun, secara teknologi Indonesia masih di level ketiga dalam klasifikasi negara berdasarkan indeks pencapaian teknologi di tahun 2015. Artinya, hampir 60 persen produk teknologi yang digunakan di tanah air masih impor dari luar negeri.
Dalam hal ini Indonesia ada di peringkat ke-99 dari 167 negara yang berada di level 3. "Teknologi kita masih di kelas 3 karena selama ini teknologi masih diimpor di saat negara lain sudah menghasilkan teknologinya sendiri," tutur Rokhmin.
Selain itu secara rangking di dunia, pada tahun 2019, Indonesia hanya berada di urutan ke 85 dari 129 negara dalam global innovation index. Di tingkat ASEAN Indonesia berada diurutan ke-7.
Untuk keluar dari zona ini Indonesia harus bisa mencapai pertumbuhan ekonomi 7 persen. Hingga tahun 2019 pertumbuhan ekonomi Indonesia sudah mencapai 5 persen. Tetapi pandemi Covid-19 ini membuat perekonomian Indonesia terjun bebas hingga minus 5,23 persen.
Sebenarnya kata Rokhmin, Indonesia bisa keluar dari zona ini hanya dengan memanfaatkan potensi maritim yang dimiliki. Lewat pengelolaan yang baik dan maksimal, sektor maritim ini bisa membuat Indonesia menjadi naik kelas.
"Ini peluang untuk keluar dari status negara pendapatan menengah atas," kata dia.
Sayangnya para ahli bidang maritim tidak dipercayakan Presiden Joko Widodo untuk mengelolanya. Sehingga capaian yang ada saat ini masih jauh dari harapan berdirinya kementerian maritim.
"Kalau diserahkan ke ahlinya ini bisa lebih baik. Sayang sekali para ahlinya tidak dipakai," kata dia mengakhiri.
Reporter: Anisyah Al Faqir
Sumber: Merdeka.com

BACA JUGA : 

HARGA EMAS PEGADAIAN TURUN, SIMAK DAFTARNYA PER 23 SEPTEMBER 2020

Monday, September 21, 2020

Pemerintah Telah Transfer Subsidi Gaji ke 8,53 Juta Rekening

PT KONTAK PERKASA FUTURES - Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah, mengungkapkan bahwa penyaluran subsidi upah atau subsidi gaji berjalan lancar. Data per 18 September 2020 menunjukkan, realisasi penyaluran subsidi gaji tahap I telah mencapai 2.484.429 orang atau 99,38 persen dari total penerima tahap I sebanyak 2,5 juta orang.
Kemudian untuk tahap II, penyalurannya telah mencapai 2.980.346 orang atau 99,34 persen dari total penerima tahap II sebanyak 3 juta orang. Sedangkan untuk tahap III telah mencapai 3.069.442 orang atau 87,70 persen dari total 3,5 juta orang.
“Alhamdulillah, penyaluran bantuan subsidi upah bagi para pekerja telah berjalan dengan baik. Dari tahap I sampai tahap III penyalurannya sudah mencapai angka 8.534.217 orang atau sekitar 94,82 persen dari total 9 juta orang penerima,” kata Ida dalam keterangan tertulis, Selasa (22/9/2020).
Ida menjelaskan untuk bantuan subsidi gaji tahap keempat, pihaknya telah menerima 2,8 juta data calon penerima dari BPJS Ketenagakerjaan. Data dari BPJS Ketenagakerjaan tersebut, selanjutnya dilakukan check-list untuk dilihat kelengkapannya sesuai kriteria Permenaker 14/2020.
“Untuk penyaluran tahap IV, kita lakukan secepatnya apabila proses check-list yang membutuhkan waktu paling lama 4 hari kerja telah selesai. Jadi, jika minggu kemarin data diserahkan ke kami pada hari Rabu, maka proses check-list maksimal selesai hari Selasa.” kata Ida.
Setelah dilakukan check list, data tersebut akan diserahkan ke Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN). Kemudian, KPPN menyalurkan uang subsidi gaji tahap IV tersebut kepada Bank Penyalur, yakni Bank yang masuk menjadi anggota HIMBARA.
Selanjutnya, Bank-bank HIMBARA akan menyalurkan uang subsidi gaji ke rekening penerima secara langsung, baik itu rekening bank sesama HIMBARA, maupun rekening bank swasta lainnya.
BACA JUGA : 

DEFISIT APBN SUDAH SENTUH RP 500 TRILIUN PADA 31 AGUSTUS 2020

Sunday, September 20, 2020

Sektor Finansial Jadi Potensi Terbesar di Startup

PT KONTAK PERKASA  - Kondisi pandemi tidak dimungkiri telah berdampak bagi sejumlahstartup, terutama yang bergerak di bidang travel. Namun ada beberapa startup yang masih bisa bertahan di masa seperti ini.
Menurut Head of Research Business Trimegah Securities Sebastian Tobing, salah satu startupyang akan bertahan adalah ride-hailing, seperti Grab dan Gojek. 
"Memang layanan ride hailing akan mengalami tekanan, tapi Grab dan Gojek saat ini sangat terbantu dengan divisi food-nya," tuturnya dalam keterangan resmi yang diterima, Senin (21/9/2020).
Bisnis dua perusahaan itu juga disebut masih menjanjikan, mengingat keduanya juga sudah mengembangkan bisnis ke berbagi bidang, termasuk salah satunya adalah kesehatan. 
Kendati demikian, menurut Sebastian, dari layanan yang ada saat ini, bidang yang nantinya diprediksi akan besar dari dua startup tersebut adalah sektor finansial.
Kondisi ini memang terjadi di banyak startup, baik yang mengembangkan ride hailing maupun tidak. Jadi, perusahaan tersebut secara alamiah akan mengembangkan layanannya ke arah finansial.
Hal itu diprediksi juga akan terjadi di seluruh platform digital di Indonesia. Adapun layanan yang diberikan beragam, seperti memberikan kredit mikro atau menawarkan produk asuransi.
"Prospeknya sangat besar di industri finansial. Saat ini, Gojek dan Grab juga sudah mengarah ke industri finansial. Contohnya, mereka sudah memberikan pinjaman ke restoran yang menjadi mitra," tuturnya melanjutkan.
Berbekal data yang dimiliki, baik Grab dan Gojek juga mampu mengetahui mitra dengan penjualan baik. Karenanya, apabila ada mitra yang mengajukan pinjaman, kedua startup itu sudah memiliki data yang valid.
"Dengan data yang bagus, saya yakin dua platform itu saat memberikan kredit mikro, akan memiliki NPL (Non Performing Loan) rendah. Berbeda dari perusahaan fintech yang tidak memiliki data bagus, sehingga NPL-nbya menjadi lebih besar," ujar Sebastian lebih lanjut.
BACA JUGA : 

KINGSTON RILIS USB DRIVE EDISI KHUSUS BERTEMA BADMINTON, TERTARIK KOLEKSI?

Thursday, September 17, 2020

Wahai Pengusaha UMKM, Ketahui Istilah Digital Marketing biar Naik Kelas

PT KONTAK PERKASA  - Di era perkembangan teknologi digital yang semakin pesat saat ini, semua orang sudah bicara tentang digital. Mulai dari dunia pendidikan yang mulai terbiasa menggunakan bahasa e-learning hingga patungan dana di masyarakat yang bahasanya sudah berubah menjadi crowdfunding.
Tentu Anda sebagai pelaku usaha di masa sekarang apalagi ditambah adanya pandemi covid-19, mau tidak mau harus mampu beradaptasi dengan perubahan ini.
Perubahan ini membuat harus lebih banyak belajar dan berkenalan dengan digital marketing. Tanpa Anda sadari banyak kosakata atau istilah baru yang harus diketahui jika usaha Anda ingin mulai terjun ke dunia digital. Sebut saja istilah affiliate marketing, call to action, landing page, conversion, dan lain sebagainya.
Berikut rangkuman dari istilah-istilah digital marketing yang perlu Anda ketahui agar usaha naik kelas, dilansir dari laman ukmindonesia.id, Jumat (18/9/2020).
Affiliate marketing adalah proses di mana Anda merekomendasikan produk orang lain dan mendapatkan komisi atas rekomendasi ini.
Proses ini memiliki daya tarik tersendiri, karena bisa menjadi passive income, tidak memerlukan modal atau biaya yang besar, dan jam kerjanya sangat fleksibel.
Hal pertama yang perlu Anda lakukan jika ingin memulai Affiliate marketing adalah mengetahui jejaring atau target pasar yang selama ini banyak mengakses website usaha.
Semakin spesifik jejaring atau target pasarnya akan semakin bagus, karena usaha Anda akan lebih mudah menentukan program affiliate marketing apa yang sesuai dengan jejaring tersebut.
Merupakan rata-rata waktu yang digunakan pengunjung atau visitor dalam setiap kunjungan website. Berapa lama waktu yang biasanya Anda habiskan ketika mengunjungi sebuah toko? Begitu pula dengan toko online.
Ternyata Anda bisa menghitung durasi lama pengunjung saat mengakses website Anda. Hal itulah yang disebut Average Session Duration.
Bounce rate adalah istilah yang menunjukkan persentase pengunjung atau visitor yang keluar setelah mengunjungi halaman pertama dari website Anda tanpa melakukan interaksi apapun. Para pengunjung tidak mengunjungi halaman lain dalam website Anda, selain halaman pertama tersebut.
Artinya pengunjung tersebut langsung keluar atau terpental dari website Anda. Oleh karena itu, istilah yang digunakan adalah bounce atau memantul.
Call to Action (CTA) merupakan perintah atau instruksi yang didesain sedemikian rupa agar calon konsumen yang telah mengunjungi toko online Anda dan melakukan aktivitas atau merespon secara langsung yang pada akhirnya mampu menghasilkan konversi.
Contoh CTA adalah adanya tombol “Beli Sekarang”, “Add to Cart”, “Download Sekarang”, “SIGN UP”, “Subscribe Sekarang”, dan lain sebagainya.
CTA yang efektif adalah yang mampu mendorong pengunjung toko online untuk mengambil keputusan dengan meng klik tombol CTA tersebut sesuai dengan tujuan pemasaran yang dilakukan.
CAC atau consumer acquisition cost adalah berapa biaya yang harus Anda keluarkan agar dapat memperoleh konsumen baru.
Cara menghitungnya mudah, Anda cukup membagi berapa jumlah biaya marketing yang dikeluarkan dengan berapa jumlah pelanggan atau customer baru yang didapatkan.
Konversi atau conversion rate adalah pencapaian dari kampanye yang usaha Anda buat dalam upaya pemasaran.
Dalam konteks digital marketing atau lebih spesifik website, conversion yang dimaksud adalah berapa banyak pengunjung website yang melakukan tindakan sesuai tujuan pemasaran yang dilakukan.
Hal itu bisa berupa transaksi atau pembelian produk, berlangganan newsletter, mendownload sebuah file, mendaftar keanggotaan, dan lain sebagainya.
Fasilitas ini gratis sudah disediakan oleh Google untuk mengetahui statistik jumlah pengunjung dari website yang Anda miliki.
Anda tidak perlu bingung nantinya akan menghitung data statistik tersebut, melainkan semua data statistiknya sudah diberikan dan disajikan secara sederhana oleh Google.
keyword atau kata kunci merupakan kata-kata yang Anda masukkan akan dianalisis oleh mesin pencari seperti Google hingga akhirnya Google dapat memberikan rekomendasi sesuai yang Anda butuhkan.
Oleh karena itu, jika Anda sudah memiliki website, pastikan website menggunakan kata kunci yang tepat dan yang biasa dicari oleh target pasarnya.
Landing page merupakan halaman dimana pengunjung website mendarat atau mengunjungi website pertama kali.
Kesan atau pandangan pertama sangatlah penting, karena kesan inilah yang akan menentukan penilaian Anda.
Hal yang sama juga berlaku untuk website, apabila kesan pertama yang ditimbulkan landing page Anda kurang baik, maka bisa jadi pengunjung toko online Anda berpindah ke toko online lainnya. Begitu pula sebaliknya.
Remarketing merupakan strategi mempertahankan keinginan calon pelanggan potensial yang belum berhasil membeli pada pertemuan pertama sebelumnya.
Tujuan dari remarketing ini adalah meningkatkan buyers, dimana Anda dimungkinkan untuk mempertahankan keinginan calon pelanggan potensial yang belum berhasil membeli pada pertemuan pertama sebelumnya.
Search Engine Optimization (SEO) adalah usaha atau strategi untuk mengoptimasi website yang Anda miliki agar website tersebut bisa berada di halaman awal atau di peringkat atas mesin pencarian.
Selain itu, SEO ini digunakan untuk meningkatkan visibilitas website Anda. Semakin tinggi visibilitasnya, maka semakin tinggi peringkat dalam mesin pencari. Jika hal ini terjadi, maka potensi website Anda untuk di klik juga semakin besar sehingga memperbesar kunjungan atau traffic.
Traffic merupakan istilah untuk mengetahui berapa banyak jumlah pengunjung website Anda.

BACA JUGA : 

MULAI 13 OKTOBER, GOOGLE DRIVE OTOMATIS HAPUS FILE DI TEMPAT SAMPAH

BI Tahan Suku Bunga Acuan pada Level 4 Persen

KONTAK PERKASA FUTURES - Rapat Dewan Gubernur (RDG) Bank Indonesia (BI) pada 16-17 Agustus 2020 memutuskan untuk mempertahankan BI 7-Day Reverse Repo Rate atau suku bunga acuan di 4 persen.
Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo mengatakan, keputusan ini mempertimbangkan hasil assessment ekonomi global, ekonomi domestik, kondisi eksternal, nilai tukar, inflasi, stabilitas sistem keuangan maupun sistem pembayaran.
“Rapat dewan Gubernur Bank Indonesia pada tanggal 16 dan 17 September 2020 memutuskan untuk mempertahankan suku bunga acuan Bi 7 day reverse repo rate sebesar 4 persen. Demikian juga deposit facility tetap sebesar 3,25 persen dan suku bunga lending facility tetap sebesar 4,75 persen,” kata Perry dalam video konferensi Hasil Rapat Dewan Gubernur (RDG) Bulanan BI - September 2020, Kamis (17/9/2020).
Keputusan ini, lanjut Perry, mempertimbangkan perlunya menjaga stabilitas nilai tukar rupiah di tengah inflasi yang diperkirakan tetap rendah.
“Untuk mendorong pemulihan ekonomi dari dampak pandemi covid 19 Bank Indonesia menekankan pada jalur kuantitas melalui penyediaan likuiditas. Termasuk dukungan BIkepada pemerintah dalam mempercepat realisasi APBN tahun 2020,” tutur Perry.
BAC AJUGA : 

SIAP-SIAP, SUBSIDI GAJI TAHAP 4 SEGERA CAIR